Ternyata, menjaga kesegaran kulit tidak hanya dilakukan saat kita terjaga. Justru pada saat tidur, kulit dapat memaksimalkan kerja sel-selnya karena tidak ada stres atau polusi udara yang mengganggu. Apa saja yang perlu dilakukan, berikut tipnya:

Tidurlah dengan posisi terlentang. Posisi ini adalah posisi yang paling aman bagi kulit. Jika kita tidur tengkurap, di pagi hari kita akan menemukan garis-garis halus pada wajah dan apabila diulang terus menerus akan membuatnya menjadi kerutan permanen.

Jaga kelembaban kamar tidur. Pakar penyakit dalam dari Gastroenterology and Nutrition UCLA, Dale Prokupek mengatakan menjaga kelembaban kamar tidur membantu kulit untuk tetap lembab. “Saya mencoba menggunakan alat pembuat lembab udara di kamar untuk membebaskan saya dari alergi, belakangan saya menyadari kulit juga mendapat manfaatnya karena terlihat lebih cerah.” Namun Prokupen mengingatkan untuk selalu rajin membersihkan alat tersebut agar kualitas udara tetap terjaga.

Penuhi kebutuhan air kulit: Semua usaha akan percuma jika kita tidak memberikan tubuh kebutuhan air yang cukup. Mineral yang ada di dalam air, setidaknya lebih murah dan efektif dari jenis pelembab kulit yang kita pilih.

Perawatan kulit sangatlah penting untuk dilakukan khususnya saat pagi dan malam hari. Mengapa demikian? Karena enzim-enzim di dalam tubuh menjadi aktif di saat tubuh kita banyak bergerak di pagi dan siang hari. Kulit pun bisa mengalami stres karena cuaca dan lingkungan, yang bisa menyebabkan penuaan kulit. Sementara pada malam hari tepatnya dari tengah malam hingga jam enam pagi, kulit melewati sistem pembaruan yang sangat penting. Beberapa hal di bawah ini bisa Anda lakukan untuk menjaga kulit agar tetap cantik.

Perawatan Pagi Hari:

– Jangan lupa mandi pagi untuk menyegarkan kulit, tubuh dan pikiran.
– Oleskan krim pelembap kulit dan pijatlah secara lembut selama 2-3 menit untuk melancarkan peredaran darah.
– Bila sering beraktivitas di luar, sebaiknya memakai krim yang mengandung tabir surya.
– Gunakanlah masker selama 10-15 menit untuk membuat wajah lebih segar.
– Tempelkan sendok berbahan metal yang telah didinginkan di kulkas untuk mengurangi mata yang sembab.
– Minumlah air atau teh hangat untuk menjaga metabolisme tubuh.

Perawatan Malam Hari:

– Jangan lupa untuk membersihkan riasan sebelum tidur.
– Gunakan krim malam untuk membantu perbaikan kulit, karena di malam hari inilah kulit cepat menyerap nutrisi, dan jangan lupa untuk memijat wajah Anda untuk kembali melancarkan peredaran darah dan membuang racun.
– Tidur 6-8 jam tiap malam.
– Saat beraktivitas di siang hari, kurangi makanan yang mengandung garam, karena garam mengikat air dan dapat membuat wajah Anda terlihat kusam saat bangun tidur